News Update :

Tempat Wisata di Jawa Timur yang Indah

Sabtu, 10 Maret 2012

Tempat wisata di Jawa Timur terdiri dari wisata religi, pemandangan alam dan budaya, serta balai konservasi pelestarian fauna langka. Provinsi Jawa Timur terletak di bagian paling timur Pulau Jawa dan ber-ibukota di Surabaya.
Jawa Timur juga merupakan wilayah di Indonesia yang memiliki pertumbuhan ekonomi cepat sejalan dengan kemajuan di bidang ekonomi, pendidikan, teknologi, dan bisnis pariwisata.


TEMPAT WISATA di Jawa Timur terdiri dari wisata religi, wisata pemandangan alam dan wisata budaya, dan wisata balai konservasi pelestarian fauna langka. Propinsi Jawa Timur terletak di bagian paling timur Pulau Jawa dan beribukota di Surabaya. Selain Surabaya, kota-kota besar lain yang ada di Jawa Timur adalah Malang, Kediri, Mojokerto, Madiun, Blitar, Probolinggo dan lain-lain. Jawa Timur merupakan wilayah di Indonesia yang memiliki pertumbuhan ekonomi cepat sejalan dengan kemajuan di bidang ekonomi, pendidikan, teknologi, dan bisnis pariwisata.
Untuk mengunjungi dan menikmati Keindahan tempat wisata di Jawa Timur, acara bepergian bisa dilakukan melalui transportasi udara dengan tujuan Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang, maupun Bandara Trunojoyo di Sumenep. Bandara paling sibuk di Jawa Timur adalah Juanda Airport yang melayani penerbangan domestik maupun internasional. Selain dengan pesawat terbang, akses menuju tempat wisata di Jawa Timur bisa ditempuh melalui kendaraan darat melalui jalur pantai utara (pantura) maupun jalur selatan

     Beragam tempat wisata yang tersebar di propinsi Jawa Timur dipengaruhi oleh budaya suku Jawa, suku Madura, suku Tengger, dan suku Osing. Surabaya yang berjuluk kota perdagangan saat ini menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah ibukota Jakarta. Pusat-pusat perbelanjaan mewah telah dibangun di kota Surabaya dan menjadi pusat grosir perdagangan menuju kawasan Indonesia Timur. Kondisi ini yang menggerakkan Jawa Timur sebagai propinsi yang menarik banyak kunjungan wisatawan. Beberapa obyek wisata di Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi antara lain:

1. Tempat Wisata di Jawa Timur Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Kebun Binatang Surabaya (KBS) terletak di tengah-tengah kota, tepatnya di Wonokromo, Surabaya. KBS merupakan salah satu tempat pelestarian satwa eksitu beragam binatang langka yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia. Binatang langka yang ada di KBS antara lain komodo, harimau Sumatera, banteng Jawa, badak bercula satu dan lain-lain. Tempat wisata di Jawa Timur ini dilengkapi dengan akuarium ikan air tawar dan air laut. Tamasya keluarga menjadi acara yang menyenangkan karena lingkungan alam KBS sangat teduh.
Di depan pintu masuk Kebun Binatang Surabaya terdapat ikon kota Surabaya yang berupa patung ikan hiu (sura) dan buaya (baya). Lokasi patung Surabaya ini merupakan tempat favorit bagi wisatawan untuk berfoto. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke Surabaya melewatkan acara mengambil Gambar Tempat Wisata di Jawa Timur yang satu ini. Bagi Anda yang memiliki hobi wisata kuliner, KBS adalah tempat wisata di Jawa Timur yang mampu memanjakan lidah dengan jajanan khas Surabaya.

2. Tempat Wisata di Jawa Timur Gunung Bromo dan Semeru.

Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru terletak di empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Di antara tiga lokasi pegunungan tersebut, Gunung Bromo merupakan tempat wisata di Jawa Timur yang paling dikenal oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri. Selain Gunung Bromo, Gunung Semeru adalah tempat wisata di Jawa Timur yang berupa gunung vulkanik aktif dan menjadi area pendakian yang menantang. Para pecinta alam sering menghabiskan waktu liburan dengan melakukan penjelajahan alam di Gunung Bromo dan Semeru.
Pemandangan terbaik di tempat wisata Gunung Bromo adalah pagi hari ketika matahari baru terbit. Mentari pagi Bromo menarik kunjungan wisatawan untuk menikmati panorama alam di sekitar tempat wisata di Jawa Timur tersebut. Pada waktu-waktu tertentu diadakan upacara adat masyarakat Tengger yang beragama Hindu, misalnya upacara Kasodo. Pusat kegiatan keagamaan suku Tengger berada di Pura Lautan Pasir yang berada di kaki Gunung Bromo. Inilah tempat wisata di Jawa Timur yang harus Anda kunjungi pada musim liburan mendatang.

3. Wisata Religi Makam Sunan Ampel dan Sunan Giri.

Selain wisata alam dan pelestarian satwa langka, tempat wisata di Jawa Timur juga diwarnai dengan nuansa keagamaan yang kuat. Hal ini terbukti dengan keberadaan 5 makam anggota Wali Songo dari 9 makam yang ada di Pulau Jawa. Tempat wisata di Jawa Timur yang berupa makam penyebar agama Islam adalah makam Sunan Ampel, Sunan Giri, Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Bonang, dan Sunan Drajad. Masing-masing obyek wisata makam miliki ciri khas tersendiri sesuai kota tempat makam berada dan latar belakang penyebar agama Islam tersebut.
Diantara 5 makam Wali Songo, tempat wisata di Jawa Timur yang paling banyak dikunjungi adalah makam Sunan Ampel dan makam Sunan Giri. Makam Sunan Ampel terletak di perkampungan Arab di Jalan Nyamplungan, Surabaya. Sedangkan makam Sunan Giri terletak di daerah dataran tinggi kota Gresik, berdekatan dengan Gresik Kota Baru (GKB). Pengunjung dan peziarah bisa mendapatkan beragam cinderamata dan sajian kuliner tradisional Jawa Timur di pasar tradisional yang terletak di sekitar tempat wisata di Jawa Timur ini.
Tempat wisata di Jawa Timur lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah wisata alam Selecta di Batu, gereja tua GKJW Mojowarno di Jombang, Pantai Popoh di Trenggalek, Danau selo rejo di Malang, Candi Penataran di Blitar, Wisata Bahari Lamongan (WBL) di Lamongan, Pantai Prigi di Trenggalek, Museum Empu Tantular di Surabaya dan lain-lain. Tempat-tempat wisata tersebut memiliki ciri khas tersendiri dan membentuk keunikan tempat wisata di Jawa Timur. Bagi Anda yang memiliki hobi berbelanja, Kota Surabaya adalah tempat wisata di Jawa Timur yang rutin mengadakan big sale dengan tema Sparkling Surabaya.
Daya tarik Tempat Wisata  di Jawa Timur bukan hanya berasal dari keindahan alam maupun keragaman budaya. Keramahan masyarakat Jawa Timur ketika menyambut kunjungan wisatawan juga memberi nilai tambah bagi beragam obyek wisata yang ada di Jawa Timur. Saat jalan-jalan ke Jawa Timur jangan lupakan mencicipi sajian kuliner khas Jawa Timur seperti rujak cingur, bebek goreng, nasi salak, keripik bayam, nasi pecel, es dawet sagu dan lain-lain. Masa liburan akhir pekan akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bila Anda habiskan dengan mengunjungi tempat wisata di Jawa Timur. Ayo jalan-jalan ke Jawa Timur!

 

 

Share this Article on :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright lintas peristiwa 2012 -3012 | Design by HUSAN FEBRIANTO | Published by Borneo Templates | Powered by Free Download.